Tanggal 4 Januari 2010 lalu, anak anak sd smp dan sma di jawa tengah (?) khususnya kota semarang back to school. Rutinitas kembali terjadi. Pukul 06.00 WIB harus sudah meluncur keluar dari perumahan Bukit Kencana Jaya, menuju smp 2 di jalan Majapahit.
Kalau berangkat pukul 06.15 WIB akan kena macet di tentara pelajar, apalagi bila berangkat pukul 06.30 WIB. Wah ….stress yang nganter maupun yang dianter………bukan main crowded nya.Kecuali hari Sabtu. Mulai dari motor bebek yang hanya mbocengin satu anak sampai yang berisi 5 orang (Bapak,Ibu kerja + 3 anak). Tapi saya enjoy aja sih….cuma harus ikut sarapan pagi juga pukul 05.30 plus secangkir coffee untuk energi kerja agar tidak ngantuk…karena hawa di BKJ …lalu mangunharjo …sambiroto…cukup sejuk dan dingin malah…sehingga perut kalo tidak terisi bisa tidak konsentrasi….terutama pulangnya…karena sangat crowded….dan jalannya merapat….apalagi saat pulang..3/4 jalan dikuasai kendaraan dari arah berlawanan….kadang yang agak kurang mengenakkan adalah ketika berkendara di belakang truk pengangkut sampah…….kadang plastik atau karton bekas makanan jatuh juga…..biasanya saya memilih untuk ambil jarak agak jauh…..

Yang ingin saya sharing adalah tentang masih banyaknya anak-anak sekolah (SD, SMP,SMA) yang terbengkalai dalam urusan berangkat sekolah dari arah sambiroto ke arah mangunharjo….mereka terutama anak-anak SD dengan ditemani ibunya biasanya….melambai-lambaikan tangan minta tumpangan agar anak kecilnya bisa nunut sampai sekolah tujuan….ada pengendara yang cuek…..padahal kendaraannya kosong….ada yang berbaik hati berhenti dan mengambil anak untuk dibonceng…

Saya personally menikmati keadaan ini…motor kosong…ada kesempatan untuk menolong Why not….sambil menyelam minum air…..daripada motor kosong lebih bermanfaat bila ada yang membutuhkan….bahkan bisa sampai dua kali….dari sambiroto seorang anak nunut sampai sd mangunharjo ….lalu ada anak sma yang biasanya berdiri di depan SMP IT agak ke selatan….biasanya kalau anak tsb kelihatan langsung saya samperi….tanpa nunggu dia melambaikan tangan minta tumpangan….

saya jadi ingat yang diajarkan oleh almarhum Ayah saya ketika saya kelas tiga sd dulu…waktu kami malayat kepala SD saya di SD barongan 1 Kudus, (Almh) Ibu Zaini sulaiman. Saya, kakak saya dan Ayah dalam satu mobil….dalam perjalanan pulang. Kakak saya minta turun ….mau jalan bareng-bareng dengan teman-temannya… Lalu ayah saya minta teman-teman saya untuk ikut naik mobil…..wah panas betul saat itu….tapi memang demikian cara orang tua melatih berbagi dengan orang lain pada anak-anaknya…..di rumah beliau bilang ….selama masih bisa berbagi…berbagilah….hm…..love u daddy….

Be Sociable, Share!