Pada hari Sabtu tanggal 27 Pebruari 2010, saya diminta mahasiswa perwalian saya yaitu Indah Kurniasari dan Intan Antartika untuk ikut mengisi acara mereka, yakni kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan tema Pemberdayaan Warung Makan di sekitar kampus UNDIP Tembalang, Semarang.

Kegiatan ini merupakan kegiatan murni yang datang dari mahasiswa sehubungan dengan proposal PKM mereka yang lolos seleksi.
Saat itu saya mengisi materi Pemasaran dengan konsep 7 P. (Product, Price, Place, Promotion serta Person, Process dan Physical Evidence)

Peserta sebanyak 20 orang, cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan beberapa pertanyaan muncul dari mereka.Pada peserta dibagikan copy materi, sehingga memudahkan mereka mengikuti penyuluhan dengan slides presentation.

Sesi dimulai dengan salam dan perkenalan antar peserta training. Trainer mengajak peserta untuk bersyukur pada Allah SWT atas kesempatan ini. Kesempatan berbagi pengetahuan, sharing pengalaman antar peserta dan saling memberikan manfaat. Motto ‘jangan pernah hidup jika tak memberi manfaat’ harus bisa membuat mereka menjadi ‘People Change’, artinya pengusaha warung makan yang bisa diajak berubah, tidak hanya memberi makan yang mengenyangkan pengunjungnya namun harus higienis dalam penyiapannya dan memuaskan para pelanggannya. Trainer juga memberikan appresiasi pada mereka atas waktu yang diinvestasikan untuk menghadiri acara ini.

Di akhir sesi saya memberikan no hp. saya, karena mungkin diantara mereka ada yang secara personal ingin berdiskusi dengan saya.

Alhamdulillah …mereka termasuk orang-orang yang berpikiran maju, mau mencoba melakukan perubahan khususnya yang berkaitan dengan perilaku sehat mereka.

Semoga Allah SWT meridhoi niat baik mereka. Amin

Be Sociable, Share!