Jum’at tgl 23 April 2010 ini, saya mengakhiri sesi kuliah social marketing dan Kewirausahaan dengan menambahkan….lesson learned entrepreneurship dari Sang Al Amin, Nabi Muhammad SAW, yaitu memelihara dan melaksanakan sikap dan aksi jujur, ikhlas, profesional, silaturahmi dan murah hati.

Seandainya para pedagang kita mengatakan kualitas barang yang sebenarnya alangkah indahnya dunia ini…..tidak ada tipu menipu…tidak ada balas dendam….” ni barang ada cacatnya….tapi masih bagus…boleh harganya kurang dikit “. Yang terpenting pelanggan tahu plus minus barang yang kita jual

menjadi seorang wirausahawan harus ikhlas…ikhlas menerima mungkin caci maki dari pelanggan….cibiran pedas…..atau sudah coba 10 baju namun gak ada yang dibeli……….ya…pembeli itu raja…berhak memilih mana yang cocok untuk nya….

Seorang entreprener harus profesional dalam melaksanakan tugasnya. On time dalam delivery order misalnya. Bila punya usaha jasa travel juga memberikan servis yang sebaik-baiknya, apa yang diiklankan harus sama dengan kenyataannya…if not usaha yang dibangun bisa hancur…

Seorang wirausahawan harus aktif menjalin silaturahmi dengan kalangan luas…tidak pilih-pilih dalam rangka memperoleh informasi dari para customernya…..barang apa yang mereka butuhkan….kualitasnya….kuantitasnya dan sebagainya…..

Yang terakhir adalah tidak kalah pentingnya….Murah hati….banyak senyum …suka memberi bonus….minimal seorang customer tetap selalu mendapat gift gift kejutan di akhir tahun misalnya….

Mari para mahasiswa yang mulai berlatih berwirausaha…kembangkan terus usahanya…dengan semangat, selalu meningkatkan kemampuan, kreatif dan inovatif serta berjiwa besar…………..ok bermimpilah besar untuk menjadi orang besar…………..

Be Sociable, Share!