Pagi ini saya dan beberapa teman dosen (pak Laks, bu emmy, pak Besar) dan administrasi (mbak Endah, mas Handoyo, mas Ketut dan juga Prasetyo) menjaga ujian akhir semester untuk mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat. Ya…hampir 200 orang…

kekecewaan pertama pada kurang siapnya bagian umper mempersiapkan ruangan….ruangan D yang besar dan tidak ber ac itu, pintu bagian depan tidak dibuka seperti biasanya….dalam sekejap saat soal dibagikan sudah membuat tubuh gerah….aroma kecut dimana-mana…wah gak tahan….

walau pada akhirnya pintu bagian depan bisa dibuka ……………

kekecewaan kedua adalah pada peserta ujian itu sendiri……..
saya kurang respek pada mereka yang pura pura mengerjakan sendiri..saat ada penjaga di samping mereka atau di dekat mereka….

namun saat pengawas ‘meleng’ dikit aja…..sudah komunikasi non verbal mulai di pakai……

saya kecewa…sedih juga melihat mereka….rasanya percuma juga memberi kepercayaan kepada mereka agar mandiri….percaya diri….

percuma rasanya meminta mereka membaca artikel ujian dan dignity….halah….hari gini nggak nyontek………dan entah ungkapan apa lainnya……………..

Yang bikin saya tambah kecewa….adalah aktivis aktivis mahasiswa yang juga ikut-ikutan nyontek….saling nyontek…atau curi curi kesempatan untuk melihat pekerjaan temannya…………..

hiiiiiiiiiii.mana pd mu………………tidak kah kalian malu………..

inikah wajah FKM yang akreditasi nya A……….

hmmmmmmmmmmmm……walaupun saya juga salut dengan beberapa mahasiswa yang masih tetap tangguh………….

hmmmmmmmmmmmmmmmmmm……………..susah ya ternyata membuata dignity……walau untuk diri sendiri………

itu impress saya untuk hari ini……………..

mudah mudahan kalian membaca……….dan bercermin………….

Be Sociable, Share!