Pada hari Rabu, 3 Maret 2010 bertempat di Hotel Grand Wahid Salatiga, saya menghadiri kegiatan yang dilakukan oleh Bagian Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah. Dinkes Prop. Jateng menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Program Promkes 2009 dan Perencanaan Program Promkes 2010. Acara ini kurang lebih dihadiri 75 peserta dari bagian Promosi Kesehatan Dati I dan Dati II (Kabupaten/kota) se Jawa Tengah.

Saya selaku Kepala Bagian Promosi Kesehatan (PKIP) FKM Undip datang pada acara tersebut untuk membawakan makalah tentang ‘Optimasi mengatasi keterbatasan biaya Promosi agar tetap efektif dan efisien. Sesi saya pukul 13.45 – 15.15 dengan pemandu Rinaningsih. Sebelum paparan di putarkan film HOPE (tentang HIV/AIDS), dilanjutkan dengan paparan dan sebelum akhir sesi tanya jawab, diputarkan lagi film dengan judul ‘Sebuah Pilihan’ (tentang kebiasaan merokok).

Rekomendasi yang diberikan saat itu, after pemutaran film, paparan dan diskusi adalah :

1. Efektif tidak selalu disandingkan dengan efisien
2. Langkah2 dalam membuat media promosi harus ilmiah, mulai dari menentukan masalah, sasaran dan tujuan perubahan perilaku
3. Semakin banyak/complicated perubahan perilaku yang diinginkan, semakin banyak memerlukan media (grafis, broadcast, interpersonal)
4. Media Film (dalam kasus ini Film Hope dan Sebuah Pilihan) tidak boleh berdiri sendiri artinya :
– harus diikuti dengan ceramah dan tanya jawab
– atau sharing
– bisa diselingi dengan baca puisi plus vocal group untuk menambah pemahaman

(Di akhir sesi saya dapat kenang2 an Kaos Promkes Jateng warna black dari Panitia, thanks ya teman2 promkes Dinkes Prop.Jateng )

Be Sociable, Share!