Pada hari ketiga/hari terakhir KONAS IAKMI ke XI di Bandung, tepatnya tanggal 5 Agustus 2010, saya dan seluruh peserta konas mendapat pelajaran yang berharga dari seorang dosen bernama Prof.dr.Ascobat Gani,MPH,Dr.PH.

Beliau mendapat anugerah Mochtar Award dari IAKMI Pusat sebagai orang yang berjasa dalam memajukan PH Sciences, khususnya di bidang ekonomi kesehatan..

Beliau – Prof. Ascobat- menyebut kolega-kolega nya dengan teman2 dan guru (bahkan dengan yang lebih muda)….that’s amazing………..

Ada dua pengalaman beliau yang patut mendapat acungan jempol dan pelajaran berharga untuk kita…

Yang pertama …menurut Prof. Ascobat…guru beliau pertama/ yg beliau sebut dengan Profesor adalah sorang kepala desa di NTT saat beliau menjadi dokter PTT………………….

Kepala Desa tersebut menunjukkan kepada Prof. Ascobat….bagaimana KD memasang/mengusahakan pipa pipa air masuk ke desa….dimana anak-anak bisa mandi……dan hilanglah segala penyakit kulit……limbahnya bisa dipakai untuk mengairi sawah, sayuran dan pohon buah-buahan…dibawahnya………gizi meningkat….pendapatan meningkat tha’s Public health

Yang kedua beliau sebut juga dengan Profesor, yaitu Profesor Martinus. Martinus adalah seorang mantri……………..jadi pada saat dr.Ascobat praktek keliling desa…selalu ditemani oleh Mantri Martinus tersebut…….setiap masuk ke desa Mantri Martinus selalu dielu-elukan leh masyarakat setempat….hal tersebut membuat dr. Ascobat …penasaran…gue yang kerja kok dia yang dielu-elukan masyarakat…dan rasa penasarannya terjawab ketika sang “Profesor” menjawab……kuncinya sayangi mereka dok….cintai mereka…dengan ikhlas…sehingga mereka nanti akan mencintai anda dengan sepenuh hati……that’s public health……………

Itu dua mutiara yang disampaikan oleh Prof. Ascobat Gani..sesaat setelah mendapat anugerah Mochtar award……………….

Let’s  Loves and Care to each other deeply……………..

Be Sociable, Share!