Prof.Dr.M.Quraish Shihab,MA…..saya mengenal nama beliau sudah cukup lama paling tidak saat Ramadhan 1998 …saat beliau mengisi acara Ramadhan di RCTI dengan pembawa acara….Arif Rahman Hakim…………

Bahkan buku beliau yang berjudul ‘Lentera Hati’ …yakni kumpulan Kisah dan Hikmah Kehidupan…..saya hadiahkan untuk Ulang Tahun Ayah saya pada tahun 2000 Januari tanggal 27….

Sampai saat ini buku  Lentera Hati….saya pakai untuk mengisi kultum Ramadhan di masjid saya biasa berjamaah….untuk enrichment sambutan saya pada saat menjadi pembina GAMAIS  (keluarga mahasiswa Islam) FKM…dan juga sebagian bahan saat saya belajar menjadi khotib Jum’at…..sejak 2004….hmm sungguh buku beliau sangat luar biasa bagi saya dan mungkin juga jutaan umat muslim lainnya…..

Nah…pada Ramadhan tahun ini tahun 2010 atau 1431 H….dua hari menjelang Idul Fitri atau tepatnya 8 September 2010 di station TV swasta (Metro ?) dengan pembawa acara saat itu David Chalik….Prof.Quraish menyampaikan sebuah statement yang baru pertama kali saya dengar…..

David menyampaikan hadist yang artinya kurang lebih begini :

” bahwa Islam pada akhir jaman nanti akan terpecah menjadi 73 cabang ….dan hanya ada satu yang benar….” namun Prof. Quraish malah mengatakan sebaliknya,

Mengapa kita selalu memakai hadist yang itu ? Yang selalu meresahkan…..mengapa kita tidak memakai yang sebaliknya ? hadist yang ini

bahwa ” Islam di akhir jaman nanti akan terbagi menjadi 73 cabang yang semuanya benar selama rukun islam dan rukun imannya sama …artinya pokok pokok ajaran islamnya sama…..namun hanya ada satu cabang saja yang salah yaitu kelompok yang menyelisihi pokok pokok ajaran Islam…..”

Jadi bisa saja kelompok NU itu benar, Muhammadiyah benar, Syiah benar …dll nya benar selama tidak menyelisihi pokok pokok ajaran Islam…….

Sebelumnya Prof.Quraish juga menjelaskan bahwa kita tidak usah meributkan antara Yahudi, Nasrani dan Islam….mana yang paling benar….mana yang asli sesuai ajaran Allah SWT…karena di dalam Islam tuh sudah ada perkataan Lakum dii nukum waliyyadin….

Kalau tetap penasaran ya  silahkan bertanya kepada Nabi Ibrahim…..namun beliau sudah wafat…nah silahkan anda mati terlebih dahulu baru akan tahu……..

Kisah tersebut juga dianalogkan dengan kisah seorang raja yang berwasiat kepada permaisurinya bahwa kelak bila Ia mangkat….yang berhak menggantikan dirinya adalah yang memakai cincin berlian asli yang dipakai ketiga anak laki-laki pewaris tahta kerajaan………nah apa yang terjadi……setelah raja wafat……ketiga putra mahkota tidak tahu mana dari ketiga cincin yang mereka pakai adalah cincin berlian yang asli…………semuanya mirip…..lalu kalau mau tahu cincin yang asli ada pada siapa? harusnya bertanya pada sang Raja….yang telah wafat…

Jadi kaum muslimin silahkan menjalankan perintah agama dengan keyakinan yang penuh……..silahkan berbeda beda selama tidak melenceng dari pokok pokok ajaran Islam

Sedangkan saya menambahkan bahwa di dalam beragama kita jangan cupet seperti katak dalam tempurung….tidak mau look into pendapat orang atau kelompok lain…..dan yang penting yang saya kembangkan untuk diri saya adalah bahwa saya tidak boleh taqlid buta dalam beragama………..

semoga bermanfaat…….

Mohon ampun hanya pada Allah SWT bila banyak salah pada tulisan ini 😀

Be Sociable, Share!