😀 Hari Kamis, 30 September 2010 rombongan bis FKM UNDIP bertolak dari lapangan parkir FKM menuju ke Kampus FK UGM pada pukul 06.30 WIB. Kunjungan ini dalam rangka ‘benchmark’ antara FKM UNDIP dengan FK UGM khususnya untuk kegiatan kemahasiswaan yang diwadahi dalam BEM,SENAT dan UKK-UKK di lingkungan FKM UNDIP.

Rombongan diterima pihak tuan rumah pada pukul 10.00 di ruang pertemuan FK UGM. Disambut oleh manager mahasiswa dr. Yanri WS,PhD dan staf serta President BEM FK UGM Giovanni van empel dan staf.

Acara dibuka dengan sambutan dari Pihak tuan rumah oleh wakil Dekan Prof.dr.Suharjo,SU, Sp.M yang berintikan bahwa hendaknya studi banding ini bermanfaat baik untuk kedua belah pihak….saling sharing…barangkali dengan cara ini FKM UNDIP akan menaikkan citranya……

Diikuti oleh sambutan PD 3 FKM UNDIP yang berintikan bahwa sangat dirasakan FK UGM banyak punya pengalaman bagus yang bisa dibagi……dalam banyak hal…dalam banyak segi……………….dan kreativitas….

Poin dari bu Yanri sebelum membuka diskusi adalah jangan sampai kita seperti anggota dewan yang pergi  ke LN ke afrika misalnya untuk studi banding ……namun ternyata yang bekerja adalah para staf ahlinya….sedangkan anggota Dewan sibuk piknik sana-sini tidak peduli pada tujuan semula

Beberapa kegiatan kemahasiswaan/hal-hal positif yang sempat saya catat yang mungkin bisa dikembangkan untuk FKM UNDIP ke depan :

1. BEM mengelola penuh dana Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) untuk kegiatan kemahasiswaan selama satu tahun. Kegiatan yang dipilih adalah kegiatan yang dollable artinya menjual nama fakultas kedokteran keluar. Supervisi ketat dari Senat, Manager Kemahasiswaan dan Wakil Dekan III Bidang Mawa, Alumni dan Kesra.

2. Pimpinan eksekutif disebut dengan Presiden BEM. Dengan perangkat menteri-menteri. Hal tersebut menimbulkan kebanggaan tersendiri untuk mereka.

3. Kegiatan kemahasiswaan mereka meliputi kegiatan Minat,  Bakat (Olah Raga & Seni) dan Kerohanian plus kegiatan kegiatan Ilmiah.

– FK punya kelompok Tari Shaman (Aceh) untuk menyambut para tamu   (eh…fkm kita ternyata juga punya lho…hasil dari FKM got’s talent yg merupakan rangkaian acara PH Carnival)

-FK punya kelompok Band mahasiswa, juga karyawan (Medical Music Community) yang secara berkala tampil di Pelataran FK menghibur masyarakat…..juga civitas menyanyikan lagu-lagu oldies   ( fkm kita juga punya group band….malah lebih banyak mungkin, grup band cewek-cowok, angkatan 2008/2009/2010 malah….dan kita juga punya Nasyid dari Angkt.2008….)

– Kelompok Ilmiah mereka, digarap dengan serius oleh Prof. Anik (pakar segala macam PKM, GT/M/K/T dll), sehingga sering menang di berbagai lomba/PIMNAS. Paper mereka setiap naskah dibantu dana fotocopy Rp. 100.000,- oleh fakultas

(kita juga punya RC/Research Club….memang harus ada komitmen penuh dari para pembimbingnya dan pihak Dekanat.)

-FK juga mampu mengikuti kejuaraan ilmiah tingkat international, walau masih kalah…..(kita mengikuti kegiatan di LN yang diselenggarakan oleh IIWC, ada yang ke Jerman,Vietnam dan Malaysia)

– Untuk kegiatan yang bersifat promosi keluar untuk menarik minat siswa sma mereka punya program Tour de FK, mereka membuat lomba essay antar sma…..siswa yang terpilih essay nya diundang ke FK untuk merasakan sehari menjadi mhs FK…dengan membayar rp. 45.000 . dan laris manis)

(dulu kita punya acara begitu….fkm buat acara ilmiah dengan menyebarkan ke sma sma favorite di Jateng lomba karya ilmiah dengan tema bebas, namun berkisar kesehatan…sekitar tahun 2006……kurang lebih 80 karya tulis masuk…..yang masuk final presentasi di kampus…..dan berkesempatan menyaksikan sekilas kampus FKM….mungkin ke depan perlu diulang lagi….dengan format lebih kini dan meriah namun tetap berkesan ilmiah….)

– Kemudian FK punya acara “workshop tentang Karir mhs pasca kelulusan”    ….karena banyak para dokter yang enggan menempati pos pos kesehatan di daerah terpencil…..

.(FKM mungkin juga harus begitu….setelah Yudisium mereka bisa diperkenalkan dengan stake holder yang punya lowongan pekerjaan …atau wawasan dimana tenaga kesehatan harus mau ditempatkan di tempat terpencil)

– Ke depan akan dibentuk ambassador dari unsur mahasiswa untuk membantu mahasiswa asing tingkat S-1 yang akan belajar di FK.   ( fkm undip juga perlu belajar tentang hal ini …dalam rangka untuk memperkuat International Office Unit PH Faculty)

Sementara sekian dulu ………………

Be Sociable, Share!