Setelah puasa pada 9 Zulhijah 1431 H….umat muslim bersiap-siap menuju masjid/musholla untuk beribadah sholat dan mengumandangkan takbir….

Malam takbiran Idul Adha 1431 H di lingkungan Perumahan Bukit Kencana Jaya, dimeriahkan dengan lomba takbir keliling antar TPQ.¬† Alhamdulillan TPQ kami, TPQ Baitul Muttaqin….menang menjadi juara satu dan mendapat hadiah piala bergilir dan beberapa hadiah lainnya. Santri-santri senang….dan ini awal untuk modal kegembiraan di pagi harinya…10 Zulhijah 1431 H bertepatan dengan Rabu, 17 November 2010

Ya….sholat Id di Masjid Baitul Muttaqin dilaksanakan pada pukul 06.15 dengan Imam dan Khotib Kyai Subandi. Sholat dan khotbah selesai pada pukul 06.50 WIB. Dan selanjutnya diteruskan dengan persiapan dan pemotongan hewan qurban. Pada tahun ini dari sisi jumlah masjid kami Alhamdulillah …menyembelih 7 hewan qurban.

Mengalami penurunan dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, namun kami yakin bahwa penurunan jumlah hewan qurban di masjid berarti¬† juga penambahan hewan qurban di tempat lain. Karena pada kenyataannya banyak mudhohy yang menyumbangkan hewan qurbannya ke tempat lain, ke sekolah putra-putri mereka, ke tempat bencana atau hewan qurban mereka sudah disalurkan melalui lembaga atau yayasan tertentu……….seperti lembaga PKPU

Rasulullah SAW bersabda :

” Sesungguhnya pada setiap bulu yang menempel di kulit (hewan qurban)-nya terdapat kebaikan ” (HR.Ibnu Majah) dan

Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda :

“…barangsiapa meringankan kesulitan orang muslim di dunia, maka Allah akan meringankan kesulitannya kelak di akhirat…” (HR. Bukhari Muslim)

Pequrban disebut dengan Mudhohy, sedangkan penerima manfaat disebut mustahik.

Semoga baik yang berqurban maupun yang menerima manfaatnya, sama sama mendapatkan Ridho Allah SWT Amin.

Semoga hilang segala sifat buruk yang melekat pada diri kita, berganti dengan segala kebaikan dari Allah SWT. Amin.

Be Sociable, Share!