ABSTRAK

PERILAKU PEMAKAIAN KONDOM PADA PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAMM UPAYA PENCEGAHAN HIV/AIDS DI KABUPATEN PONTIANAK

Priyadi Nugraha Prabamurti 1 , Syamsulhuda Budi Musthofa 2 Setyo Pribadi 3

Semakin meningkatnya kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pontianak dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa kondom sebagai alat pencegahan penyakit tersebut belum banyak dipakai oleh pekerja seks komersial (PSK), dengan kata lain PSK enggan memakainya pada saat melakukan hubungan seks dengan pasangannya, sehingga berakibat terjadi peningkatan kasus PMS dan HIV/AIDS. Penelitian  bertujuan  mengetahui gambaran perilaku pemakaian kondom pada pekerja seks komersial dalam upaya pencegahan HIV/AIDS di Kabupaten Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan subjek penelitian pekerja seks komersial, di wilayah Kabupaten Pontianak. Pengumpulan data  melalui wawancara mendalam terhadap pekerja seks komersial sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti.  Analisa data dengan content analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan para PSK tentang kondom pada umumnya sudah baik. Mereka bisa menyebutkan bentuk, fungsi, efektivitas serta sudah mengetahui cara memakai kondom dengan baik dan benar. Mereka juga yakin bila berhubungan seksual dengan memakai kondom bisa mencegah HIV/AIDS dan terbukti ia mau memakai kondom pada saat melakukan hubungan seks dengan pasangannya. Semua teman teman PSK mendukung program pemakaian kondom ini dengan alasan takut kena penyakit. Pelanggan juga  mendukung terhadap penyediaan dan pemakaian kondom. Hanya pihak mucikari yang belum bersikap positif dengan menyediakan kondom, kecuali bila diberi secara cuma-Cuma..

Direkomendasikan  agar Pemerintah Kabupaten Pontianak mengalokasikan anggaran guna mendukung kegiatan penanggulangan penyakit HIV/AIDS. Majikan (mucikari) berusaha utuk mencari sponsor dalam penyediaan kondom, sehingga selalua ada persediaan saat diperlukan. Pada PSK selalu dimotivasi untuk selalu menjaga diri dan berdisiplin memakai kondom saat melakukan hubungan seksual. Komisi penanggulangan AIDS agar aktif melakukan pemeriksaan darah pada para PSK secara teratur.

Kata Kunci           : Perilaku pemakaian kondom pada PSK

1,2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang

3 Dinas Kesehatan Kabupaten Pontianak

Catatan :

Makalah ini dipresentasikan pada Dies Natalis ke 25 FKM UNDIP di Gedung Prof. Soedarto,SH Tembalang Semarang, pada Sabtu, 13 Maret 2010

Be Sociable, Share!