ABSTRAK

EVALUASI PELAKSANAAN PSN DBD DALAM RANGKA UPAYA PENINGKATAN ABJ DI PUSKESMAS BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2005

Priyadi Nugraha Prabamurti *)  Dwi Rohini **)

Berbagai kendala dijumpai dalam pelaksanaan Program Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), termasuk Program Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN-DBD) di Puskesmas Buaran Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut mengakibatkan  Angka Bebas Jentik (ABJ) belum mencapai hasil maksimal.Tujuan penelitian untuk mengevaluasi pelaksanaan PSN-DBD.

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.  Subyek penelitian terdiri dari  kader, Jumantik,  Bidan Desa, Pengelola Program Pemberantasan DBD, dan Kepala Puskesmas di desa endemis. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan melakukan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif analitik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pada tahap input, 43% Petugas Pengelola Program Puskesmas belum pernah mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan Program Pemberantasan DBD,kondisi sebaliknya terjadi pada semua kader. Penelitian ini menemukan kurangnya ketersediaan formulir laporan dan  sebagian besar Informan menyatakan tidak menerima dana operasional. Pada tahap proses,  informan petugas maupun kader belum mengetahui tentang rencana kerja Pokja (Kelompok Kerja) DBD yang berupa rencana tahunan/triwulan serta rencana biaya. Walau semua petugas telah mengetahui keberadaan Pokja Kecamatan dan Pokja Desa/Kelurahan serta adanya Surat Keputusan dan struktur organisasi. Pada tahap pelaksanaan,masih ada sebagian kader yang belum mengetahui waktu pelaksanaan PSN DBD serta penyajian data ABJ RW/Dusun masih belum sesuai dengan pedoman. Pada tahap pemantauan masih adanya petugas Pengelola Program Puskesmas yang menyatakan tidak ada kegiatan pemantauan pelaksanaan pemeriksaan jentik berkala, penyuluhan maupun kunjungan rumah. Sedangkan dari sisi out put, hasil ABJ daerah penelitian sebesar 70-73% masih dibawah angka rata-rata Puskesmas (74%)

Kata kunci       :  Evaluasi, ABJ, PSN-DBD

*) Staf Pengajar Bagian Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat

Universitas Diponegoro Semarang

**) Staf Puskesmas Buaran Pekalongan

Be Sociable, Share!