Seandainya hari ini ibu masih hidup, ibu akan merayakan ulang tahunnya yang ke 69. Hari ini tgl 18 Maret adalah hari kelahiran ibu saya.Tak terasa 11 tahun sudah ibu meninggalkan saya tuk selamanya.

Hmmmmm ..I miss her so much…….

Hari ini saya masih mengenakan kenang-kenangan yang saya peroleh dari ibu   saat saya wisuda pada tanggal 29 Pebruari 1992. Sebuah jam tangan merk ALBA seharga Rp. 92.000,. yang dibeli di toko Jam di kota Kudus di Jalan Jendral Soedirman. Jam tangan ini katanya sih sekarang harganya Rp. 500.000,- (kata penjaga jam di samping toko Tembalang). Jam tangan berbentuk bulat, warna hitam masih melekat ditangan kiri saya sampai sekarang.

Di rumah saya juga menyimpan rambut ibu saya yang saya simpan di kantong plastik. Bukan untuk apa-apa hanya sekedar untuk mengingat bahwa di akhir hayat ibu, beliau berjuang dengan gigih melawan kanker payudara yang dideritanya  sampai suatu saat ibu berkata, ibu sudah pasrah…..yang penting ibu sudah berusaha….

Ya …dari dua choice yang diberikan dokter….untuk melakukan operasi atau  tidak melakukan operasi……yang hasilnya fifty-fifty…ibu memilih operasi……daripada gak melakukan apa-apa….lebih baik berusaha…..

Dari sejak di vonis menderita kanker payudara….hanya dalam hitungan tahun (satu tahun)….ibu akhirnya meninggal dunia………setelah melewati masa-masa kritis operasi…..penyinaran…..rambut habis…..

Ya …spirit untuk hidup ini yang bisa diambil untuk pelajaran ke depannya buat putra putrinya, termasuk saya…

Mudah-mudahan ibu tenang di sana, di tempat yang paling indah …dalam rengkuhan Sang Maha Pemilik Hidup

Titip Ibu saya  Ya Allah……………..

Amin…………..

 

Be Sociable, Share!