Sabtu, 19 Maret 2011 saya berkesempatan lagi memenuhi undangan UKM AIESEC UNDIP. Tempatnya di Wisma Akademik TNI, Jl. Teuku Umar 28 Semarang. Bicara masalah HIV AIDS. Kali ini merupakan kesempatan yang keempat secara keseluruhan, namun yang pertama setelah AIESEC jadi UKM dilingkungan UNDIP. Jumlah peserta 30 orang, dari beragam fakultas di Universitas Diponegoro. Acara dimulai pukul 16.40 WIB dan berakhir pukul 18.10 WIB.

Pada kesempatan ceramah kali ini saya membawa teman-teman mahasiswa FKM dari UKK studio 8 yang memberikan persembahan teatrikal NAPZA/NARKOBA yang bisa merupakan entry point yang menjurus ke perilaku seks bebas. Persembahan ini mendapat applaus meriah dari seluruh peserta dan panitia. Sebelumnya acara yang berlangsung 90 menit ini diawali dengan sekapur sirih dari panitia, kemudian prolog ceramah dari saya selama 10 menit, dilanjutkan dengan memutar film pendek tentang HIV/AIDS  (buatan mhs peminatan PKIP) selama 10 menit juga. Kemudian saya melanjutkan ceramah tentang HIV/AIDS yang meliputi pengertian, penyebab, gejala/tanda-tanda, periode jendela,cara penularan, infeksi oportunistik,cara pengobatan dan upaya promotif/preventif. Diberitahukan pula kepada audiens betapa AIDS sudah masuk ke dalam keluarga. Diperlihatkan pula secara fisik beberapa bukti berupa foto mereka yang terkena HIV.AIDS .Dilanjutkan dengan tanya jawab. Salah satu pertanyaan adalah bagaimana orang homoseks dan lesbian bisa tertular HIV/AIDS.

After persembahan dari teater studio 8 FKM, saya berpesan bahwa hati-hati dalam bergaul dan berperilaku seksual khsusunya, karena akibatnya mematikan. Sesal kemudian tidak berguna.

Dan bila kedapatan dari kawan-kawan kita ada yang menderita HIV/AIDS sebaiknya kita memberi kesempatan kepada mereka untuk bisa lebih bermanfaat bagi orang-orang sekitarnya, di dalam sisa waktunya.

Dan jauhi virusnya, bukan orang nya sebagai kata penutup dari Panitia hari itu.

Pada kesempatan ini saya berterima kasih kepada :

Terima kasih kepada Allah SWT, tanpa bimbingan MU tidak sukses acara hari ini,

teman-teman studio 8, atas jerih payahnya menambah semarak acara ceramah….really CIAMIK

UKM AIESEC yang memberi kesempatan kepada saya untuk mewarnai kegiatan kalian….

Juga kepada Oma Yani………….atas dukungan nya ….

Juga kepada Bu Tinuk (Dekan) atas pinjaman Rush nya, pak Singgih yg menjadi driver sekaligus seksi konsumsi dan juga my Lovely Fadhil yang turut menemani………

Thanks All

 

Be Sociable, Share!