Minggu tgl 14 Agustus 2011 lalu, saya berkesempatan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Talkshow di Radio Idola 92.6 FM, di Jl.Raya Soekarno Hatta Semarang. Dengan dipandu Hani Yahya selaku pembawa acara, saya menyampaikan tema Sehat Prima dengan penekanan pada Sehat Ala Rasulullah SAW. Acara dimulai pukul 13.00 sd 14.00 WIB. Talk show tersebut terbagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama perkenalan dan materi pendahuluan. Mbak Hani membuka acara dan mengenalkan pembicara hari ini dan sekaligus menyebutkan tema talk show. Saya membuka dengan spektrum sehat (ada sehat jasmani,rohani,mental,sosial,ekonomi,hukum). Kemudian jeda 3 menit, dilanjutkan dengan tips sehat ala Rasul meliputi 1) keutamaan bangun sebelum subuh dari sisi kesehatan, 2) Menjaga kebersihan tangan,kuku, rambut dan memakai wewangian dan 3) berjalan kaki menuju masjid dll tempat. Kemudian jeda 3 menit dilanjut dengan sesi ke dua, yaitu hal tentang makan, cara makan dan makanan yang halal serta thoyyib.

Kita kaum muslim, adalah suatu kaum yang makan setelah merasa lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Dalam tubuh kita, perut harus diisi dengan 1/3 makanan, 1/3 udara dan 1/3 air. Posisi duduk saat makan juga turut menentukan banyak sedikitnya makanan yang kita makan, seperti posisi kaki kanan yang diarahkan menekan perut sampai ke arah dagu.

Mengenai makanan yang sehat, tentu saja 4 sehat 5 sempurna. Nasi, lauk pauk, sayuran, buah-buah an dan juga susu.

Kemudian kaitannya dengan Ramadhan, sahur dengan makanan yang fresh dan sebaiknya mendekati imsak, dan malamnya memperbanyak minum air. Jangan sampai vitamin,mineral rusak dalam sayur yang panas. Suplemen juga boleh dikonsumsi sesuai kebiasaan masing-masing orang. Sedangkan berbuka sebaiknya dengan yang manis-manis, kurma atau teh hangat. Kalau biasa dengan es juga boleh asal jangan lalu menyantap makanan yang panas. Kasihan alat-alat pencernaan kita, kaget.

Kemudian mengenai makanan selain harus halal barangnya dan juga cara memperolehnya, jangan lupa harus thoyyib. Dalam arti misalnya seorang penderita hipertensi jangan mengkonsumsi daging kambing, walau halal bagi dia namun tidak thoyyib tidak baik, karena akan meningkatkan kadar hipertensi dia. Begitu pula dengan penderita DM jangan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, sebaliknya harus rendah kadar gula makanan makanan yang dikonsumsinya.

Lalu berulang lagi, jeda 3 menit dilanjut dengan tanya jawab. Ada 2 penanya seorang dari Jepara yaitu pak joko (penderita kista), satu lagi dari sukorejo Mas Rafka (perut gendut,tidak PD). Setelah sesi tanya jawab, jeda 3 menit dilanjutkan dengan kesimpulan akhir dan ditutup oleh mbak Hani. Kesimpulannya tentang mukmin yang sehat lebih disukai Allah SWT dibandingkan dengan mukmin yang lemah. Serta pencegahan lebih baik, dibandingkan dengan pengobatan, karena sangat mahal dari sisi biaya.

pada saat jeda setelah sesi tanya jawab, Mas Raka nelpon lagi minta konsultasi khusus dengan saya after on air. Jadi setelah selesai Mas Raka nelpon lagi dan konsultasi kembali dengan saya secara off air, kurang lebih selama 10 menit.

Pengalaman yang menyenangkan. Hanya ada satu catatan, lain kali bila akan on air lagi, diharapkan membuat run down materi apa yang akan dibahas, make it two copies, satu untuk pembicara satu untuk pembawa acara.

Jadi kurang lebih nya demikian, baik run down acara maupun isi materi.

Trims FKM atas kesempatan yang diberikan…………..

That’s a great opportunity

Be Sociable, Share!