On Sunday, November 25th 2012  I have opened the First Training Gamais for New Student of Faculty of Public Health. Before opening the training, I gave some suggestions to all the moslem-participants that day.

  • Semua mahasiswa wajib bersyukur atas nikmat keimanan yang diberikan oleh Allah SWT. Nikmat iman inilah yang seharusnya selalu dipintakan kepada Allah SWT untuk selalu dijaga, agar kita mampu memeliharanya, meningkatkannya sampai akhir hayat kita
  • Semua mahasiswa harus bersyukur atas nikmat kesehatan yang diberikan kepada kita. Ingat nasehat dari SekJend WHO yang mengatakan “ Health is not everything, but without health everything else is nothing”. It means bahwa kesehatan bukanlah segala-galanya, namun tanpa kesehatan segalanya jadi tidak berarti. (Islam menganjurkan olah raga memanah, berkuda dan juga berenang, kewajiban kita semua untuk mencari hikmah dibalik perintah tersebut). Dalam riwayat lain Rasul juga menyarankan kita, olah raga lari dan gulat.
  • Berikutnya merupakan pesan dari Almarhum Pembantu Rektor III UNDIP (tahun 2005), Yaitu Pak Bambang. Beliau selalu mengatakan agar mahasiswa memiliki tiga kompetensi, agar dapat bersaing secara kompetitif. Yaitu knowledge competence, Leadership competence dan personal competence. Jadi secara singkat mahasiswa harus menguasai ilmu yang sudah diminati, maksimal 3.5 tahun (FKM), namun memiliki kepemimpinan yang tinggi yang harus diasah dalam organisasi dan menampilkan sosok mahasiswa/wi muslim yang seharusnya.
  • Kemudian saya sarankan kepada mereka agar mahasiswa menerapkan cara belajar yang baik yaitu memulai segala sesuatunya dengan niat yang baik, focus dan antusias.

Semoga training memberi manfaat yang besar bagi kalian semua, Terima kasih Allah

Be Sociable, Share!