Donasi Bukumu Menghidupkan Harapan Mereka

Kalimat itu adalah jargon dari Komunitas LENSA – Lentera Nusantara, yang merupakan gerakan “One Person One Book” yang bisa dilakukan dengan menyumbangkan segala macam bentuk dan jenis buku baik bekas ataupun buku baru. Buku ini menurut Rini dan Dewi, akan disumbangkan ke Indoshelter di wilayah kelurahan Tandang, Delik Rejo, RW 11 (dekat pemakaman,dekat masjid Al Amin) yang haus akan bacaan anak anak, remaja maupun orang dewasa.

Hari Senin, tanggal 24 Desember 2012, saya dan anak saya fadhil mengunjungi Launching acara mereka. Rencana acara dimulai pukul 13.00 namun baru dimulai pukul 13.30. Alhamdulillah cuaca mendukung. Cerah. Indoshelter sudah dipenuhi oleh anak anak dan ibu ibu setempat, teman teman mahasiswa fkm, pengurus indoshelter dan dari Dipo Milk Crew yang menyumbang minuman susu dingin.

Acara dibuka dengan tarian Kidang oleh anak anak Indoshelter. Kemudian pembacaan ayat suci alqur’an oleh Mas Tri dari Crew Dipo Milk. Kemudian ada tarian lagi dan gerak lagu persembahan kembali dari anak anak indoshelter. Ada pula tarian jathilan (jaran kepang) yang diperagakan cukup atraktif oleh mereka.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Rini Puspitasari selaku Pendiri Lensa dengan tema sambutan One Person One Book, dilanjutkan dengan sambutan Mbak Keiko -pengurus indoshelter- yang berharap kegiatan atau kerjasama ini tidak hany berhenti sampai di sini. Saya pun berkesempatan untuk ikut menyambut kegiatan yang sungguh membanggakan ini, dengan pesan bahwa “membaca bagi jiwa, laksana berolah raga bagi tubuh”. Saya juga berharap bahwa kegiatan kerjasama tidak hanya berhenti sampai di sini, bahkan mungkin merambah ke kegiatan yang lain, mengingat potensi yang dimiliki anak anak indoshelter beragam dan luar biasa. Minimal menurut pengamatan saya, kegiatan positif yang sudah dirintis oleh indoshelter dan launching one person one book, bisa membuat mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga ke depan bisa menjadi generasi yang lebih baik lagi.

Mudah mudahan teman mahasiswa FKM, BEM mungkin juga UKK yang lain seperti studio 8 misalnya juga bisa melakukan kegiatan lain di indoshelter. Insyaallah……..Amin.

 

Salut untuk penggagas Lensa , Trio : Rini Puspitasari, Rifaul Qulub dan Dewi Masitoh….Allah SWT bless you all….Amin

 

Be Sociable, Share!