Pagi itu Sabtu, 2 Februari 2013 pukul 08.30 WIB saya sudah tiba dan duduk manis di dalam Gedung termegah di Universitas Diponegoro, Gedung Prof.Sudarto,SH untuk menghadiri pengukuhan Guru Besar UNDIP yaitu Prof.Dr.rer.nat.Ir.Athanasius Priharyoto Bayuseno,M.Sc (dari Fakultas Teknik), Prof.Dr.Ir.Agus Hartoko,M.Sc (dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan) serta Prof.Dr.Iriyanto Widisuseno,MHum (dari Fakultas Ilmu Budaya).

Yang saya tulis untuk kenangan dan motivasi saya adalah berkaitan dengan Prof.Dr.Iriyanto Widisuseno,M.Hum, dengan judul pidato : Peran Filsafat Dalam Menyelesaikan Problematika Perkembangan Ilmu Pengetahuan.

Saya hanya teringat, dulu pun saya menghadiri pada acara ujian terbuka Promosi Doktor beliau di salah satu ruangan Pascasarjana di Gedung Lengkung Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta. Pada waktu itu beliau mendapat predikat cum laude, pada 21 September 2006.

Saya pun berfikir, ternyata butuh waktu 6 tahun an ya, untuk bisa meraih jenjang tertinggi di bidang pendidikan di Perguruan Tinggi. Menjadi Guru Besar, meraih gelar Profesor.

Saat menjadi Guru besar, Prof.Dr. Iriyanto W,MHum berusia 58 tahun, Prof.Agus berusia 56 tahun sedangkan Prof.Bayu berusia 51 tahun. Namun teman saya di FKM Universitas Hasanudin Ujung Pandang, Prof.Dr.Ridwan Amiruddin,SKM,MKes,MScPH (angkatan 1987) telah menjadi Profesor di usia yang jauh lebih muda, 44 tahun.

Di usia saya sekarang, menuju ke 46 tahun, saya masih menempuh kuliah program S-3 di UNDIP di semester 1, masih menyisakan waktu 5 semester lagi sampai denganAgustus 2015. Bila sesuai rencana, pada tahun 2015 saya sudah akan selesai kuliah dan berusia 48 tahun.

Bila mengikuti jejak Prof.Iriyanto, yang membutuhkan waktu 6 tahun to become professor, maka pada usia sekitar 54 tahun, yaitu pada tahun 2021 nanti, saya akan menjadi Guru Besar…….(walau ke depan untuk menjadi guru besar tambah sulit,kata Prof.Darto,Rektor)

Insya Allah……Wallahu’alam,…..tiada yang tidak mungkin bila Allah menghendaki….Man Jadda Wa jadda….

Saya berharap, peristiwa 2 Februari 2013 ini menjadi impian, sekaligus motivasi untuk pengembangan diri……

Pada akhir acara saya menyalami beliau, beliau berkata (Prof.Iriyanto) “…….terima kasih….sudah dua kali datang….dulu di Yogya dan sekarang…..”

Wow…..it’s surprise me….beliau ingat ternyata waktu saya hadir dan ikut memberikan selamat pada acara promosi DR beliau di

Yogyakarta…..

Yang penting juga pada acara tersebut adalah pesan pesan dari Rektor, agar para Guru besar baru bukan hanya guru besar hanya nama (GBHN), namun guru besar yang tetap melakukan penelitian, membuat publikasi karya ilmiah dan melakukan sumbang pemikiran untuk kemajuan ilmu itu sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Rektor juga berpesan agar para Guru Besar, tetap mengajar di S-1.

8830_1154329471205_1655275_n

 

Be Sociable, Share!