SEMARANG METRO

29 Mei 2013

TAMU REDAKSI

Ubah Perilaku Masyarakat dengan Media Massa

SEMARANG – Hal terberat yang harus dihadapi para promotor kesehatan untuk mewujudkan dunia lebih sehat adalah mengubah perilaku masyarakat. Karena itu, perlu banyak terobosan, salah satunya melalui media massa. Berpijak dari hal tersebut, mahasiswa peminatan Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip berkunjung ke kantor Redaksi Suara Merdeka di Jalan Kaligawe Km 5 Semarang.
’’Jargon ‘Kami Healt Promotion, Change the World’. Tetapi untuk mengubah dunia ini, kami berhadapan dengan perilaku masyarakat,’’ jelas Dosen FKM Priyadi yang memimpin rombongan didampingi oleh Sekjur Besar Tirtohusodo.
Kunjungan diterima oleh Kepala Desk Fokus Jateng Ghufron Hasyim, Kepala Desk Solo Metro Sri Syamsiyah LS, dan Redaktur Roosalina.
’’Program kartu kesehatan masyarakat gratis misalnya, itu program yang sangat bagus. Tetapi juga penting perilaku masyarakat untuk hidup sehat,’’ tandas Priyadi.
Promosi Kesehatan
Ghufron Hasyim mengatakan, program itu memang harus didukung oleh banyak kajian. Lebih lanjut, dia menjelaskan tentang perjalanan Suara Merdeka sejak berdiri 1950 hingga saat ini. Sementara Syamsiyah menambahkan pentingnya media untuk membantu promosi kesehatan.
’’Pola komunikasi sudah banyak berubah. Tetapi media tetap memiliki peran penting memengaruhi apa yang dipikirkan masyarakat. Jika masalah kesehatan ingin menjadi agenda yang selalu dipikirkan masyarakat, isu-isu ini perlu mewarnai media. Karena itu, promosi kesehatan sangat perlu untuk menggandeng media dalam bersosialisasi,’’ jelasnya. (F11-7)

© 2008 suaramerdeka.com. All rights reserved

Groups

Be Sociable, Share!