Sabtu, 10 mei 2014 saya berkesempatan mereview 7 kelompok PKM K FKM UNDIP yang diselenggarakan di SCL mulai pukul 08.30 sd pk.12.00 WIB. Berikut ini adalah hasil review saya untuk beberapa proses yang telah mereka lakukan, untuk perbaikan ke depan menghadapi review tingkat undip, lomba PIM Undip dan review dari DIKTI yang menentukan mereka lolos PIMNAS atau tidak.

Pada produk. Produk harus unik atau khas berbeda dari produk pesaing yang telah beredar sebelumnya. Bisa unik dalam bentuk, rasa atau taste dan juga kemasan. Pada produk juga harus ada label yang memuat halal, content,  gizi, dan expired date (kebanyakan tentang makanan).         Sebaiknya mahasiswa menjajagi laboratorium kesehatan BPOM jawa tengah atau balai labkes tlogosari agar mendapat   sertifikat pangan halal dan sehat, selain dari MUI. Lab.Gizi FKM dan peternakan bisa sebagai langkah awal.

Pada price harus tetap melihat pesaing, perhatikan ukuran, perhatikan pula konsumen yang membeli dalam jumlah sedikit atau eceran atau partai sedang atau besar. Berikan harga yang spesial dan berbeda.

Pada place, memperhatikan dimana produk akan dijual, on the street, kantin kampus, titip di toko tertentu.

Pada promotion, melalui banyak cara yang mungkin yakni melalui social media, pamflet, atau poster dan juga melalui marketing kuno dari mulut ke mulut.

Selain itu, para mahasiswa juga menghitung betul keuntungan yang diperoleh. Kapan akan impas, kapan akan untung terus. Laba per produk harus bisa dijelaskan dengan baik.

Saya juga mengingatkan mahasiswa untuk memikirkan tentang  delivery order, apakah mungkin ?

Be Sociable, Share!