Kemiskinan seharusnya tidaklah menjadi alasan orang tidak sukses. Dahlan Iskan membuktikan. Beliau menikmati kemiskinan, tidak meratapinya. Berdamai dengan kemiskinan. Namun tidak berarti diam, sebaliknya malah gigih berupaya mengubah nasib. Dan Allah berkata, nasib seseorang tidak akan berubah, sampai orang yang bersangkutan berupaya untuk mengubahnya. That’s the key.

Penyakit juga bukan alasan orang tidak bisa sukses. Pak Habibie, mantan presiden RI, semasa muda dan beberapa waktu kemudian pernah menderita TBC. Justru dengan penyakit yang diderita semakin gigih untuk berjuang menimba ilmu dan akhirnya sukses menggondol gelar s-3 dan memimpin negara. Dan Allah mencontohkan bahwa Nabi Ayub as juga menderita penyakit disekujur tubuhnya selama 30 tahun, namun Sang Nabi tetap tabah dalam penyakit dan tetap berdakwah,walau keluarga pun pergi, sehingga kemulyaan pun datang. That’s the key.

Ahmat Heryawan, Gubernur Jawa Barat terpilih (Insyaallah) sesaat setelah hitungan quick count yang menunjukkan keunggulannya dalam pil gub JaBar, diwawancara oleh reporter RCTI, salah satu pertanyaannya adalah apa yang membuat anda tidak tergoda harta atau korupsi ? jawabannya adalah bukannya tidak mau harta atau tidak tergoda, tergoda juga sebetulnya. Hanya saja saya ingat akhirat, masa hanya enak sesaat terus sengsara selamanya (dengan gaya bahasa sendiri). That’s the key.

Be Sociable, Share!